Pembelajaran
terkadang tidak harus datang dari suatu kejadian besar. Adakalanya suatu
pembelajaran itu datang dari hal kecil yang tak disangka, bahkan terkadang
terlupakan karena dianggap tidak berarti sama sekali. Seperti kali ini, saat
kudapati diriku merenung setelah menonton adikku bermain satu permainan di
layar laptop.
Adalah
satu permainan, namanya Iggle Pop. Iggle Pop ini mempunyai sistem kerja yang
hampir sama dengan permainan Snake (namanya ini bukan ya? Hehe). Dalam
permainan tersebut disediakan beberapa icon yang dapat dipilih sebagai pemain.
Icon tersebut digambarkan sebagai pahlawan yang harus menyelamatkan beberapa
anak kecil yang ditangkap musuh hingga mereka bisa pulang ke rumahnya
masing-masing. Musuh yang digambarkan dalam permainan tersebut beragam
jenisnya; dimulai dari penguntit berbentuk amoeba, pengawal patroli bertanduk,
robot perangkap pembentuk gelembung, tangki bom hingga monster api yang tidak
mempan untuk dibekukan. Sedangkan anak kecil dalam permainan tersebut
digambarkan hampir sejenis dengan icon pahlawan, hanya saja warnanya terdiri
dari hijau, biru, jingga dan kuning, serta ditinggalkan dalam perangkap
berbentuk gelembung.
Icon
pahlawan harus bisa menyelamatkan anak-anak kecil dengan cara membawa anak-anak
kecil tersebut di belakangnya, persis seperti Snake yang menangkap makanan
hingga menjadikannya lebih panjang dari bentuk awal. Bedanya, icon ini tidak
akan menemukan masalah jika dia melewati dirinya sendiri, dia akan tetap
panjang menjuntai membentuk ekor ular. Namun, masalah akan muncul ketika dia
menghadapi musuh. Dan untuk memudahkannya menghadapi musuh-musuh itu (aku sebut
musuh-musuh karena tokoh jahatnya lebih dari satu), Iggle Pop sudah menyediakan
beberapa bala bantuan yang dapat dipilih; Freeze untuk membekukan, Shrink untuk memendekkan panjang ekor, Pop untuk membuat anak-anak
kecil itu secara otomatis bergerak di belakang icon pahlawan, dan lain-lain.
Nah,
kawan-kawan, bagian ini yang ingin kugaris bawahi dan kujelaskan sedari tadi.
Jadi, di beberapa sesi dalam permainan itu disediakan suatu icon (entah apa
nama tepatnya) berbentuk balon udara yang berlabelkan ZAP pada permukaan balon tersebut. Kupikir ZAP ini sama sekali tidak
berguna bahkan cenderung merugikan, sebab sekali icon pahlawan menabrak ZAP tersebut akan terjadi
pancaran sinar menyerupai listrik pada sekujur tubuh icon pahlawan. Sama sekali
tidak ada efek yang dapat kulihat. Lain halnya dengan Freeze yang langsung membekukan musuh, Shrink yang langsung
memendekkan ekor meski hanya dalam batas sekian detik, ataupun Pop yang dapat menangkap
anak-anak kecil secara otomatis. Aih, this ZAP was nothing -,-
bersambung...
Comments
Post a Comment